Rabu, 24 Februari 2016

REFLEKSI 1: MATEMATIKA MODEL



REFLEKSI 1: MATEMATIKA MODEL
Kuliah Pertemuan Pertama
Senin, 22 Februari 2016
Pukul 09.20 – 11.00 di ruang 201B Gedung Lama PPs UNY

Gity Wulang Mandini
15709251054
Pendidikan Matematika, Kelas D

Pada dasarnya ide ialah struktur, dan objek filsafat ialah sesuatu hal yang ada atau yang mungkin ada. Berdasarkan pertanyaan oleh mbak Lokana yaitu dari manakah asal mula benda-benda pikiran terjadi dalam pikiran manusia? Pertanyaan tersebut sama halnya dengan yang ada atau yang mungkin ada ini berasal dari manakah? Jawabannya yaitu berdasarkan ruang dan waktu. Dalam pikiran manusia yaitu logika dan pengalaman akan sama-sama menghasilkan pemahaman yang ada dan yang mungkin ada.
Berdasarkan pertanyaan mbak Tika yaitu seberapa besar filsafat mempengaruhi cara pikir seseorang? Jawabanya ialah filsafat merupakan diri kita sendiri. Filsafat merupakan olah pikir yang reflektif (cerminan). Sehingga, pengaruh filsafat ini besar dalam mempengaruhi cara pikir seseorang.
Pertanyaan yang terakhir yaitu pertanyaan yang disampaikan oleh Abdillah bahwa bagaimana hubungan antara Agama, Tuhan, dan Filsafat? Hal tersebut bergantung pada orangnya. Karena batasan pikiran ialah hati. Hal tersebut bergantung pada hati masing-masing orang. Sebagai umat manusia, kita harus sangat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Misalnya, kita diberikan nikmat dapat mendengarkan walaupun pendengaran kita terbatas. Bagaimana jika kita dapat mendengarkan segara sesuatu secara bersamaan dari berbagai suara yang kita dengar. Hal ini sungguh akan mengganggu dan membuat kita tidak konsentrasi serta memahami apa yang kita dengarkan. Sehingga, adanya keterbatasan bahwa kita tidak dapat mendengarkan semua hal ini adalah suatu nikmat dan perlu kita syukuri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar